Category: Indonesian

Membuat bagian bawah plot yang lebih lebar

Saya pernah berhadapan dengan masalah dengan terpotongnya label pada sumbu-x (horizontal), karena lebel yang digunakan terlalu panjang.  Koding berikut ini akan menjelaskannya.

cacah ->
labels -list>
for (i in 1:10) {

 labels[i]“,-paste>
   i,sep=””)
}

barplot( height=cacah, names.arg=labels, horiz=F,  

  las=2,col=”lightblue”, main=”Before”)

Perhatikan label pada sumbu-x gambar di atas, nampak labelnya sedikit terpotong.  Untuk mengatasi itu kita gunakan parameter mar.

“mar” merupakan vektor numerik yang berbentuk c(bawah, kiri, atas, kanan), nilai vektor ini memberikan ukuran lebar margin pada keempat sisi plot.  Nilai defaultnya adalah c(5, 4, 4, 2)

#melebarkan 6 poin disisi bawah
op ->
barplot( height=cacah, names.arg=labels, horiz=F, las=2,col=”skyblue”,

   main=”Setelah”)

rm(op)

Hasilnya dibserikan oleh gambar di bawah ini:

Operasi Dasar Elementer Gauss – Jordan

Operasi dasar elementer (ODE) pada matriks seringkali digunakan untuk mendapatkan matriks setara dengan matriks asal.  Sehingga ODE ini seringkali digunakan untuk mencari determinan atau kebalikan matriks.  Prinsipnya adalah dengan mengenakan…

Operasi Dasar Elementer Gauss – Jordan

Operasi dasar elementer (ODE) pada matriks seringkali digunakan untuk mendapatkan matriks setara dengan matriks asal.  Sehingga ODE ini seringkali digunakan untuk mencari determinan atau kebalikan matriks.  Prinsipnya adalah dengan mengenakan ODE pada matriks asal sehinggan menjadi matriks setera yang mudah dicari determinannya, misalkan dengan menjadikannya matriks diagonal, yang mana determinannya dicari dengan mengalikan elemen-elemen diagonal utama.

Berikut ini adalah program R untuk melakukan ODE tersebut.
function(x, baris=TRUE){ list( x.asal

Probability

Package prob merupakan package yang digunakan untuk membantu memahami probability secara lebih baik. Vignettes package tersebut dapat anda unduh di sini, sedangkan packagenya dapat di unduh di http://cran.r-project.org.