Mengenal Bahasa R

May 3, 2008
By

This post was kindly contributed by Bahasa R (The R Language) - go there to comment and to read the full post.

Apakah bahasa R itu?

Bahasa R (disingkat dengan R saja) adalah suatu fasilitas perangkat lunak terpadu untuk manipulasi data, simulasi, kalkulasi dan peragaan graphik. R memiliki kemampuan menganalisis data dengan sangat efektif dan dilengkapi dengan operator pengolahan array dan matriks. Tidak kalah menariknya R memiliki kemampuan penampilan grafik yang sangat sophisticated demikian pula peragaan untuk datanya.


Bahasa R merupakan versi sumber terbuka (open-source) dari bahasa pemrograman S (Azola dan Harrel, 2006). Versi komersial yang berbasis bahasa S adalah S plus. Bahasa R memiliki kemampuan yang tidak kalah dangan paket-paket program pengolahan data komersial bahkan dalam beberapa hal kemampuannya lebih baik. Perbandingan R khususnya terhadap SAS dibahas secara rinci oleh Azola dan Harrel (2006). Bahasa R mendapat sambutan yang baik dari kalangan statistikawan di seluruh dunia, sayangnya di Indonesia belum banyak dikenal. Tulisan ini dibuat untuk mengenalkan bahasa R khsusunya kalangan akademisi di Indonesia, dan untuk mendukung gerakan IGOS (Indonesia Go Open Source).

Paling penting disini R dapat diperoleh secara gratis. Jika anda berminat untuk memilikinya tinggal diunduh (maksudnya di download) di http://cran.r-project.org. Jika anda ingin melihat-lihat halaman utamanya web R ada di http://www.r-project.org. Jadi jika anda ingin mengolah data dan tidak tersedia dana untuk membeli software-sofware komersial asli seperti SPSS, SAS, Mintab, Lisrel dan lain-lain, kenapa mesti membajak? Sedangan yang gratis tersedia, tinggal di sownload saja.

Sejarah R

R project pertama kali dikembangkan oleh Robert Gentleman dan Ross Ihaka (nama R untuk sofware ini berasal dari huruf pertama nama kedua orang tersebut) yang bekerja di departemen statistik Universitas Auckland tahun 1995. Sejak saat itu software ini mendapat sambutan yang luar biasa dari kalangan statistikawan, industrial engineering, peneliti, programmer dan sebagainya. Saat ini R di maintain oleh R Core development team. Saat tulisan ini dibuat R telah dikembangkan sampai versi 2.7.0, itu berkat kerja keras para sukarelawan/sukarelawati diseluruh dunia yang berkontribusi dalam berbagai aspek pengembangan R. Karena R bersifat Open source, maka setiap orang yang memiliki kemampuan pemrograman, dapat memodifikasinya dan mengkomersialisasikan asalkan memnuhi persyaratan. Persyaratannya apa saja coba lihat di situs web R.

Blog ini saya persembahkan untuk komunitas pengguna bahasa R untuk saling berbagi pengalaman, dan menyediakan suatu fasilitas problem solving.

Ok sekian dulu tulisan ini nanti saya lanjutkan.......

Comments are closed.